Uncategorized

Menginap di Bandara KLIA 2?? Why Not??

Menginap di Bandara?? Why Not!!!

Biasa dilakukan traveler yang dapat giliran pesawat pagi. Yaaahh..itung-itung hemat biaya penginapan 1 malam. Ini bukan pertama kalinya saya menginap di Bandara. Pengalaman pertama saya itu pada tahun 2012 di Survanabhumi Airport, Bangkok. Berhubung uda kelamaan dan ga langsung ditulis diblog, jadinya kelupaan deh. Yang keingat Cuma satu, yaitu AC nya dingiiiiiinnnn banget. Itu tahun terakhir pesawat Airasia mendarat di Survanabhumi Airport dan sekarang sudah dialihkan ke Don Mueang Airport.

Suasana KLIA 2
Suasana KLIA 2

Nginap di Bandara ga serepot yang dibayangkan kok, asalkan kebiasaan gengsinya dibuang jauh-jauh. Kita naik pesawat jam 08.00 pagi, 2 jam sebelum boarding harus uda ada di bandara itu artinya jam 6 pagi. Jarak dari Kuala Lumpur menuju KLIA2 sekitar 1 jam dan itu artinya jam 5 pagi harus uda jalan dari Stasiun KL Sentral. Kurang lebih jam 03.30 AM harus uda keluar dari penginapan untuk menghindari molornya waktu yang disengaja atau tidak. Dengan alasan menghemat, kita mutusin untuk menginap di Bandara aja. Wanna know my story?? Gini kronologisnya…

Berangkat dari Banda Aceh menuju Kuala Lumpur tanggal 29 Oktober 2015 s/d 1 November 2015, hari Kamis – Minggu. Ngambil penginapan 2 malam trus 1 malamnya lagi nginap di Bandara. Tanggal 31 Oktober pukul 10.00 AM check out dari hotel trus jalan menuju KL Sentral menggunakan monorail. Tujuannya untuk apa? Untuk nyimpan tas bawaan saya di locker yang uda disediain di Stasiun KL Sentral. Ingat!! Di gedung utamanya ya, bukan digedung monorail. Keluar dari Stasiun Monorail KL Sentral menuju gedung utama Stasiun KL Sentral melewati NU Sentral Mall, turun escalator jalan terus lurus ampe ketemu Surau buat cewe. Naaahh…disitu keliatan terus locker-locker yang berjejer. Silahkan tukar koin supaya pintu lockernya mau terkunci. Lockernya ada 2 tipe. Locker yang seharga RM10 dan RM15. Kalo yang harga RM10 ukurannya cukup2an 1 koper dan 1 tas jinjing kecil. Yang harga RM15 ukurannya lebih besar lagi, kira-kira bisa masuk 4 tas ransel yang ukuran ga gede-gede banget. Berhubung saya ama temen saya Cuma modal ranselan doing, kita ngambil yang seharga RM10 (cukuplah buat tas ransel kami yg ukuran sedang). Pilih locker yang kuncinya masih tergantung karena itu pertanda kalo locker itu kosong. Sebelum pintu ditutup dan dikunci, jangan lupa masukin koin yang tadi uda ditukar trus tutup pintu locker, kunci pintunya dan kuncinya kamu simpan sampe kamu balik lagi. Ohiya..pastikan sebelum pintu locker terkunci semua barang yang kamu butuhkan sepanjang hari uda dipisahin karena kalo tiba-tiba ada barang yang tertinggal trus pintu uda terkunci, kamu harus tukar koin lagi untuk bisa ngunci pintu itu lagi.

Setelah urusan penitipan barang selesai, cuuuss…silahkan menikmati sisa liburan sehari lagi. Hari itu kita ngabisin waktu buat guilty pleasure shopping dan nonton.

Jam 10.00PM kita balik menuju KL Sentral, ngambil barang dan berangkat menuju KLIA2. NOTE!! Lockernya cuma sampai jam 12 malam aja. Kita buru-buru ke KLIA2 supaya lapak buat tidur enak ga keduluan orang. 😀

Jadwal Bus KL Sentral – KLIA 2

Jam 11an kita nyampe trus nyari-nyari tempat yang menurut review beberapa blogger itu didepan kantornya Airasia. Sebelumnya dibulan September kita juga nginap di bandara. Mutar-mutar nyari kantor Airasia kok ga nemu-nemu yah? Eh…ternyata salah haluan, hehehee… maklum..masi buta bandara padahal itu bukan pertama kalinya mendarat di KLIA 2. Karena uda mutar-mutar tapi ga dapet, kita mutusin buat nongkrong di KFC trus ngelapak di depan outlet Puma sampe subuh karena disitu lapak yang chargerannya kosong. Lapak lain sih banyak tapi uda keduluan diambil orang. Karena takut mutar-mutar ga jelas lagi, begitu landing di KLIA 2 dan selesai ngecap passport kita langsung nyari dimana posisi kantor Airasia itu. Berada di lantai 2M depan Burger King tepatnya.

IMG_0530
Suasana Di Depan Outlet Puma
IMG_0529
Kebayang Dong Gimana Dinginnya Kalo Tidur Ga Pake Alas 😀

Okay…back to this trip.

Begitu nyampe bandara, kita keliling-keliling buat nyari toilet yang ada showernya. Ga usah kuatir masalah mandi sore Karena uda check out dari hotel, KLIA 2 nyediain shower room kok. Shower room nya berada di gedung perlepasan. Di lantai ini ada 4 titik toilet, 2 dengan fasilitas shower room dan 2 yang tidak ada shoer roomnya. Untuk toilet yang shower room nya banyak itu berada ditempat yang ada suraunya. Kita mandi bergantian karena kalo mandi barengan ntar dikira mesum, eh…ga ada yang jaga barang maksudnya :D. masukin troli juga bisa kalo toiletnya ga rame.

 

IMG_0516
Toilet KLIA 2

Selesai mandi kita nyari makan berhubung belum ngantuk karena di bus tadi uda ketiduran ditambah lagi baru selesai mandi bikin mata melek. Selesai makan dan ngobrol-ngobrol cantik (sekitar jam 2an gitu), kita naik keatas dan nyari kantor Airasia buat istirahat. Masih sepi, ga rame-rame banget, Cuma beberapa orang aja. Yaudah deh ngambil posisi terus buat selonjoran. Belum lama istirahat, eh tiba-tiba security datang dan nyuruh kita semua yang ada disitu buat pindah. APPPAAAAHHH???? (zoom in, zoom out. Mata melotot) ternyata disini ga boleh lagi dijadiin tempat buat tiduran. Ga tau alasannya kenapa, ga berani nanya sih soalnya securitynya serem kayak polisi di pelem india gitu. Mau ga mau, dengan berat hati dan mata ngantuk kita semua bangun. Ada yang uda selimutan sebadan-badan harus ngerapihin lagi barangnya dan nyari lapak lain. Ya ampuuunn…kita persis kayak gepeng yang kena gusur satpol PP (gini yah rasanya digusur?? Ceddiihh). Setelah mutar sana mutar sini, kita nongkrong diteras sambil liatin pesawat-pesawat yang terparkir. Karena uda ngantuk, kita mutusin buat tidur diteras aja. Disinipun ga kalah rame dengan didalam. Surau pun bisa dijadikan alternative lain untuk tidur. Orang pada tidur dengan berbagai macam posisi dan ngeluarin segala macam peralatan tidur. Kondisi bandara kalo malam lebih mirip ama pengungsian. Hahahahaaa…

 

IMG_0879
Suasana di depan Kantor Air Asia
IMG_0876
Night View
IMG_0873
Night View

 

Troli yang kita bawa kita jadi pembatas, ransel dijadiin bantal dan shopping bag yang uda kita kosongin dijadiin alas buat tidur. Sebenarnya didalam bisa juga tidur kok, tapi dingin banget. Diluar aja yang hangat bisa menggigil, apalagi didalam yang full AC. Ditambah lagi pengalaman trip bulan September kemaren, pas jam 4 subuh tiba-tiba suara AC kedengar kencang dan ruangan seketika terasa dingin banget. Mana tidurannya dilantai yang ga pake ambal lagi, posisi pas didepan lobang AC, kebayang dong gimana dinginnya. Sengaja kali yah biar pada bangun semuanya karena jam segitu penumpang uda pada datang. Walopun uda dingin banget gitu, tetep aja ada yang ga kebangun dan harus dibangunin privately ama securitynya (cieeeee…ciiiieeee…)

Dapat tidur-tidur ayam sekitar 1 jam lebih itu uda lumayan. Kebangun karena kebelet pipis dan badan uda menggigil, padahal uda pake jaket lo. Jam 05.30 AM kita bangun trus cuci muka, sikat gigi dan shalat subuh. Saran saya shalat subuhnya tepat waktu ya biar ga kelamaan antri di Surau. Selesai shalat subuh lanjut check in dan masuk kedalam ruang tunggu. Karena pesawat jam 08.00 AM, paling tidak 2 jam sebelum boarding kita harus uda siap-siap untuk menghindari antrian yang panjang di counter check in dan imigrasi.

Check in Counter Yang Masih Sepi

Beginilah cerita menginap di bandara versi saya dan teman saya. Intinya ga perlu gengsi dan dinikmatin aja semuanya karena menginap di bandara bagian dari travelling itu sendiri.

Enjoy it

IMG_0881
My Morning View
Advertisements

7 thoughts on “Menginap di Bandara KLIA 2?? Why Not??

  1. Untuk toilet yang shower room nya banyak itu berada ditempat yang ada suraunya. Kita mandi bergantian karena kalo mandi barengan ntar dikira mesum, eh…ga ada yang jaga barang maksudnya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s